Friday, March 15, 2013

Mas Ibas yang Cocok di Tanya

Edhie Baskoro Yudhoyono

Casino Online - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum enggan mengomentari pengakuan mantan Wakil Direktur Keuangan Grup Permai, Yulianis, mengenai aliran dana 200.000 dollar AS ke Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Anas mengatakan, pertanyaan soal aliran dana tersebut lebih cocok ditanyakan langsung kepada Ibas.

"Tanya Mas Ibas dong, yang cocok ditanya Mas Ibas dan Yulianis, kok sampeyan tanya saya," kata Anas di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (15/3/2013), seusai diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek simulator ujian surat izin mengemudi (SIM).

Anas ditanya wartawan apakah dia mengetahui soal aliran dana ke Ibas tersebut. Pasalnya, sebelum ini Anas pernah mengaku siap membeberkan keterlibatan Ibas dalam kasus dugaan korupsi Hambalang.

Dalam wawancara singkatnya Rabu (27/2/2013) dini hari, Anas mengaku pernah ikut dalam pertemuan antara petinggi Partai Demokrat Amir Syamsuddin dan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin terkait kasus Hambalang. Saat itu, menurut Anas, Amir meminta keterangan Nazaruddin mengenai aliran dana Hambalang.

Ketika ditanya apakah Ibas ikut menerima aliran dana Hambalang, Anas mengatakan kalau Amir-lah yang paling pas untuk menjelaskannya. Anas juga menyebutkan, penjelasan Nazar terkait aliran uang Hambalang cukup mengejutkan. Menurut Anas, beberapa orang memang turut menikmati uang Hambalang, tetapi dia tidak menyebutkan nama-nama itu.

Saat dikejar dengan pertanyaan soal beredarnya tudingan bahwa Ibas turut menikmati uang yang diduga suap tersebut, Anas kembali menjawab kalau Amir-lah yang lebih pas untuk menjelaskan. Namun, Anas mengaku siap menggantikan Amir untuk mengungkapkan aliran dana Hambalang itu jika Amir memang tidak bersedia menjelaskan.

Sementara itu menurut Yulianis, Ibas menerima aliran dana 200.000 dollar AS dari Grup Permai saat Kongres Partai Demokrat di Bandung. Kongres itu berlangsung pada tahun 2010. Namun, dia enggan membeberkan lebih lanjut apakah uang itu termasuk dalam uang yang disebut-sebut untuk memenangkan Anas di Kongres Partai Demokrat pada 2010. "Yang pasti Grup Permai tidak pernah mengeluarkan uang buat mengamankan proyek Hambalang," kata Yulianis, Kamis (14/3/2013).

Nama Ibas dalam catatan Yulianis

Sebelumnya, nama Ibas disebut-sebut mendapatkan uang dari PT Anugerah Nusantara, perusahaan milik M Nazaruddin. Nama Ibas tertera pada dokumen yang diduga milik Yulianis. Dokumen yang diduga rekap data keuangan PT Anugerah ini beredar di kalangan wartawan sekitar dua pekan lalu. Ibas menerima uang sebesar 900.000 dollar AS. Dana tersebut diterima Ibas sebanyak empat kali.

Sejumlah elite Partai Demokrat juga telah membantah dokumen ini. Salah satunya Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie. "Data enggak ada judulnya, gimana. Apa itu? Itu urusan KPK-lah. Kan di situ banyak nama yang harus diteliti, diklarifikasi, dan harus diuji," kata Marzuki di Gedung Kompleks Parlemen, Jumat (1/3/2013).

Ia mengatakan, publik jangan berfantasi dengan menganggap data itu sahih dan valid sehingga bisa disebarkan begitu saja. "Itu (data) bisa saja diketik," ujar Marzuki.

( Adu ketangkasan anda disini )
agen bola

No comments:

Post a Comment