Friday, March 22, 2013

Cara Membedakan Benjolan di Payudara

payudara


Agen Bola - Cara paling mudah untuk melakukan deteksi dini kanker payudara adalah dengan sering-sering meraba bagian tersebut. Pemeriksaan sederhana ini bisa dilakukan kapan saja di mana saja asal tahu caranya. Mudah karena tak butuh alat khusus.

Pemeriksaan payudara penting dilakukan untuk penderita kanker payudara termasuk salah satu jenis kanker paling banyak diderita kaum perempuan. Gaya hidup dan pola makan tidak sehat diyakini sebagai penyebabnya. Angka kematiannya juga tinggi seperti halnya kanker serviks atau leher rahim.

Jika sudah terlanjur kena, pengangkatan payudara terkadang menjadi satu-satunya pilihan untuk mencegah kanker menyebar atau metastasis ke organ yang lain seperti paru-paru. Tentu tidak ada seorang pun yang menginginkan salah satu atau kedua payudaranya hilang karena kanker.

Karena itulah, pencegahan menjadi sangat penting untuk dilakukan. Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan meraba payudara secara berkala, khususnya pada hari-hari menjelang menstruasi karena pada masa itu sering muncul gangguan-gangguan di payudara.

Cara memeriksanya antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Bankbola, Rabu (20/3/2013).

1. Di kamar mandi
Sambil mandi, letakkan tangan kiri di belakang kepala. Dengan tangan kanan, lakukan gerakan memutar untuk memeriksa payudara kiri. Amati adanya benjolan atau penebalan. Rasakan lalu tekan perlahan. Periksa juga sampai ke tulang selangka dan ketiak, lalu lakukan hal yang sama pada sisi yang lain.

2. Di depan cermin
Setelah mandi, raba dan periksa lagi payudara di depan cermin. Amati perubahan warna dan bentuk, cekungan atau perubahan pada puting. Amati lagi dengan posisi tangan di pinggang dan bahu ditarik ke depan. Sekali lagi, amati dengan tangan diangkat melewati kepala.

3. Di tempat tidur
Sambil berbaring miring ke kiri dengan lutut ditekuk, gulingkan bahu ke belakang agar rata dengan permukaan tempat tidur. Letakkan tangan kanan di belakang kepala hingga posisi payudara bisa serata mungkin. Periksa, lalu ulangi cara yang sama pada sisi yang lain.

(Uji ketangkasan anda dengan bermain bola tangkas online disini)


judi online


No comments:

Post a Comment