Wednesday, March 20, 2013

Jangan Pelihara Lele di Kolam Terpal


Agen Bola - Budidaya ikan lele di kolam terpal adalah salah satu teknik budidaya lele yang sedang naik daun. Dari pengalaman kakak pertama saya dalam budidaya ikan lele kini saya akan coba menceritakan kelebihan dan kekurangan budidaya ikan lele di kolam terpal.

Budidaya ikan lele

Saya disini membuat artikel budidaya ikan lele di kolam terpal bukan untuk tutorialnya tapi lebih membahas tentang budidayanya di tempat terpal. Akhir - akhir ini memang banyak yang ingin mencoba untuk peternakan budidaya lele salah satunya dengan media terpal. Tapi dari sekian banyak kemudahannya ada beberapa sisi buruk budidaya di media terpal.

Dari judulnya saja sudah terlalu heboh, tapi itu hanya sebatas pengalaman dan pendapat saya dan semua keputusan Budidaya ikan lele di kolam terpal kembali ketangan anda. Beberapa kelemahan dan kelebihan budidaya ikan lele di kolam terpal berikut  ini saya tunjukkan secara obyektif di bandingkan dengan budidaya ikan lele di kolam tanah.

Kelebihan budidaya ikan lele di kolam terpal dari pada di tanah.

  1. Lebih simple hemat tempat.
  2. Tidak perlu menggali kolam.
  3. Ketersediaan air awet/tidak cepat habis.
  4. Pengeontrolan ikan lele lebih terpantau.
  5. Pemanenan ikan lele lebih cepat dan mudah.
  6. cocok untuk pembibitan ikan lele.

Kekurangan budidaya ikan lele di kolam terpal dari pada di tanah.

  1. Pertumbuhan ikan lambat banyak yang kerdil (hal ini justru merugikan anda).
  2. Boros air, karena air dalam kolam meski awet jumlahnya tapi cepet keruh. Hal ini akan kurang baik bagi kesehatan ikan jika tidak segera diganti.
  3. Tingak ke kanibalan ikan lebih tinggi sehingga ikan yg masih kecil atau pertumbuhannya lambat akan terus dimakan oleh yang besar.
  4. Anda harus meluangkan waktu untuk mengurasnya.
  5. Ikan lele akan sering naik ke permukaan seperti ikan mati, jika kebersihan air tak terawat.
  6. Aroma kolam lebih terasa dibandingkan di tanah. Dan hal ini mungkin juga mempengaruhi cita rasa ikan lele terssebut.
 Nah dari sekian kelebihan dan kekurangan budidaya ikan lele di kolam terpal diatas semua kembali ke anda. Saya pernah ikut memelihara ikan lele kakak saya di kolam dan di terpal. Laba budidaya ikan lele di kolam terpal maupun di tanah yang telah dirasakan tidak seberapa kalau tidak percaya silahkan coba sendiri saya hanya menulis apa yang pernah saya alami.

(Uji ketangkasan anda dengan bermain bola tangkas online disini)


No comments:

Post a Comment