Tuesday, March 19, 2013

Sumatra Utara Terkena Angin Beliung Merusak 87 Rumah

puting beliung

Bola tangkas - Bencana angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara (Sumut). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, Akan tetapi  87 rumah mengalami kerusakan.
Angin kencang yang disertai hujan lebat dan petir itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (18/3/2013). Sekejap saja, rumah-rumah warga mengalami kerusakan, terutama di bagian atap.

Kawasan yang paling parah terkena bencana ini, yakni rumah warga yang berada di Desa Tanjung Mulia dan Desa Mbinalun, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pakpak Bharat, Sartono Padang menyatakan, pascabencana, pihaknya sudah melakukan pendataan awal. Rumah warga yang rusak mencapai 87 rumah, baik rusak berat maupun rusak ringan.

"Selain itu, dua fasilitas umum juga mengalami kerusakan, yaitu kios Pekan Nanjombal, Dusun Pelangki Raya, Desa Mbinalun dan Balai Desa Mbinalun," kata Sartono.

Terkait bencana ini, Kepala Bagian Humas Pemkab Pakpak Bharat Kastro Manik menyatakan, pihak Pemkab sudah melakukan serangkaian langkah penanganan. Termasuk mendirikan tenda penampungan sementara untuk para korban.

Disebutkan Manik, Bupati Remigo Yolando Berutu yang sedang melaksanakan dinas luar, melalui telepon seluler sudah memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk segera melakukan pertolongan pertama bagi para korban.

"Pak Bupati meminta semua instansi terkait diminta langsung ambil tindakan. Lakukan penanganan untuk membantu warga yang menjadi korban," kata Manik kepada wartawan Senin malam.

Instansi yang dimaksud, antara lain BPBD, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kesehatan, Dinas Budparhubmansih, serta Dinas Pekerjaan Umum.

(Nikmati permainan casino secara online disini)



No comments:

Post a Comment